Intisari Perkembangan Sastra di Indonesia

SEJARAH SASTRA

1. Sejarah sastra mempelajari tentang :
– Kedudukan sastra
– Disiplin ilmu sastra
– Teori sastra
– Kristik sastra
– Perkembangan sastra

2. Pengertian sejarah sastra
Sejarah sastra adalah bagian dari ilmu sastra artinya ilmu yang mempelajari tentang perkembangan dan permasalahanya. Sejarah sastra juga jenis karya sastra seperti sejarah perkembangan puisi , prosa , prosa liris dan drama.

3. Sejarah sastra dan sastra Indonesia
Beberapa abad yang silam selain adat istiadat yang ada juga ada kerajaan–kerajaan dibeberapa tempat di wilayah nusantara misalnya: sriwijaya di sumatra , mojopahit di jawa ,malaka dan pasai di semenanjung Maluku.
Pada tahun 1918 bahasa melayu digunakan sebagai bahasa pengantar ilmu disekolah pada sekolah-sekolah belanda. Bahasa melayu juga digunakan sebagai bahasa mengantar maka itulah yang menjadi bahasa nasional di Indonesia.

4. Bahasa melayu dan bahasa Indonesia / bahasa nusantara :
– Sastra melayu
bahasa yang digunakan sebelum tahun 1918. Bahasa melayu digunakan sebagai bahasa pengantar disekolah / pendidikan agama islam dan pendidikan agama Kristen di wilayah Indonesia timur. Untuk penulisan kitab suci karena mereka mengangap bahasa melayu adalah bahasa tua  dalam bahasa ibrani.
– Bahasa nusantara / Indonesia
Semua karya sastra yang bernilai di nusantara dinamakan sastra nusantara dengan mengunakan bahasa melayu.
– Pada tahun 1918 roman
yang ditulis pertama dalam bahasa Indonesia adalah roman azab dan sensara buah karya merari siregar , roman siti nurbaya karya marahrusli dan salah asuhan karya abdul muhis.
– Kedudukan sastra Indonesia
Dalam lingkup sejarah sastra tidak terlepas dari sejarah perkembangan bahasa Indonesia sebagai sarana sastra.

Ada bahasa maka ada sastra dan tidak mungkin ada sastra tanpa bahasa.
Bahasa Indonesia berasal dari bahasa melayu yaitu : salah satu bahasa yang ada dinusantara.
Secara alamiah bahasa melayu tersebar melalui pandangan dari berbagai bahasa yang ada diasia dan akhirnya menjadi bahasa pergaulan dengan istilah lingua franca.
Bahasa melayu beradaptasi dengan bahasa ibu setempat, yang ada dinusantara akhirnya terjadi dialek-dialek yaitu : dialek melayu jawa , dialek melayu ambon , dialek melayu papua , dialek melayu bugis dan lain-lain.

Bahasa melayu dijadikan sebagai bahasa pemersatu yang sebelumnya terpecah belah oleh belanda dengan politik deide et impera.
Para pemuda dan pelajar melihat bangsa yang hidup menderita diatas tanah airnya sendiri maka dipandang perlu mengikrarkan bersama yang isinya dikenal dengan nama sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober 1928 dengan isinya : berbahasa satu ,berbangsa satu dan bertanah air satu , Indonesia.

Pada tahun 1918 pusat penulisan sastra melayu beralih dari tanah melayu Sumatra ke Batavia jawa dengan mendirikan balai pustaka oleh pemerintah belanda.

5. Perkembangan sejarah sastra
– Sastra melayu sebelum akhir abad ke 19 dinamakan sastra melayu klasik , kuno , atau sastra tradisional.
– Sastra peralihan dari sastra lama ke sastra baru dinamakan masa abdullah kadir munsyi di sebut masa peralihan.
– Kesastaraan melayu setelah abad ke 20 disebut sastra Indonesia baru atau sastra modern.

6. Kelahiran kesusastraan Indonesia baru atau modern
Lahirnya kesusastraan modern. Masalah kelahiran sastra Indonesia dari beberapa sastrawan sebagai berikut.
– Umar Yunus. Sastra Indonesia baru ada setelah ada bahasa Indonesia artinya sastra Indonesia ada setelah bahasa persatuan diresmikan pada tanggal 28 oktober 1928.
– Ayub Rosidi. Mengakui bahwa sastra itu tidak mungkin ada tanpa bahasa sebagai media saranannya.beliau lebih mementingkan adanya rasa nasionalisme yang ada dalam karya sastra tersebut maka sastra Indonesia pada tahun ke 20-an menetapkan tahun lahirnya sastra Indonesia yaitu tahun 1922.
– C.A.Teeuw. hampir sama dengan Ayub Rosidi yaitu kesustraan Indonesia mulai lahir pada tahun 20-an yaitu pada saat lahirnya roman dan puisi kebanggan mulai digunakan oleh pengarang dalam bahasa Indonesia.
– Slamet Mulyana. Sastra mulai ada dari sudut lahirnya sebuah Negara seperti Indonesia.  Sastra Indonesia ada setelah bahasa Indonesia secara resmi diakui penggunaannya sebagai bahasa nasional bahkan dikukuhkan dalam undang-undang dasar 1945 ,maka sebelumnya dinamakan sastra melayu karena Indonesia belum merdeka.
– Pendapat ahli bahasa lainnya. Pembabakan dalam sejarah sastra Indonesia. Masa pembabakan disebut juga massa pengelompokan sastra Indonesia atas dasar angkatan atau periode.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*